RSS

PROPOSAL BISNIS WARNET SEMESTER 3


A.    PENDAHULUAN
Warnet adalah sebuah usaha yang bergerak dibidang jasa penyewaan yang menggunakan media computer. Dari jasa penyewaan yang kami berikan sangat bermacam-macam diantaranya : persewaan computer (warnet), pengetikan computer baik itu berupa makalah, proposal, skripsi dan karya ilmiah dan penggunaan untuk internet.
Persewaan computer (warnet) adalah costumer menyewa salah satu computer kami untuk melakukan pengetikan di tempat usaha kami dan untuk biaya persewaan kami buat harga dengan satuan jam, sedankan setiap jamnya ditarik biaya sekitar 2500/jam.
Pengetikan computer adalah setiap orang/mahasiswa yang memiliki tugas untuk makalah atau skripsi atau yang berhubungan dengan pengetikan computer. Sedangkan untuk pengerjaanya biasaanya kami menghitung setiap lembar, spasi, ukuran huruf pengetikan. Jadi pengetikan ini ditarik biaya sesuai dengan spasi dan ukuran semakin spasinya kecil dan hurufnya kecil biayanya semakin mahal. Selain itu kami juga melayani pengeprint-nan jadi yang dimaksud dengan pengeprint-nan  disini adalah costumer membawa hasil ketikan yang sudah ada di diskette atau flasdisk dan juga kami menyewakan computer untuk internet atau pengetikan makalah dan lain-lain oeleh sipemijam tersebut.
Terjemahan dikarena terlalu miskinya ilmu pengetahuan tentang bahasa baik bahasa arab ataupun inggris dengan adanya jasa ini akan membantu para costumer yang ingin menggunakan jasa tentang pengalihan bahasa ini.

B.    LATAR BELAKANG
Berdirinya usaha ini dikarenakan banyaknya kebutuhan mahasiswa tentang pengetikan dan pencarian imformasi dari internet karena didaerah ini kurangnya minat untuk menggunakan komputerisasi disamping itu juga ada kendala lain seperti minimnya hamasiswa yang mempunyai computer. Sedangkan tugas yang diberikan oleh dosen itu kebanyakan harus menggunakan media computer. Dari situlah kami membuka usaha tentang pengetikanm dan persewaan computer ini.
Juga didorong oleh keinginan kami yang ingin mandiri. Sehingga kami mencoba meningkatkan kreatifitas kami dengan mendirikan sebuah badan usaha yang mudah-mudahan ini menjadikan ladang amal dan bermanfaat bagi kami dan juga bagi masyarakat sekitar.
    
C.    ASUMSI
Sebagai perusahaan jasa seperti ini kami juga merasa cukup sulit untuk memastikan beberapa kebutuhan pasar terhadap produk kami, dikarenakan apabila pada waktu liburan semester untuk mahasiwa al-Hilal dan Unigha sigli Aceh (NAD), maka otomatis usaha kami itu harus menerimah minimnya pendapatan.

D.    POKOK PERMASALAHAN
1.    Kurang efektif waktu usaha ketika mahasiwa al-Hilal dan Unigha sigli Aceh (NAD) sedang ada liburan
2.    Tempat pendirian usaha ini yang kurang strategis antara kampus dengan lingkungan perumahan masyarakat.

E.    TUJUAN
Memberikan berbagai akses keunggulan komputerisasi melalui pelayanan pengetikan serta internetan. Sehingga para costumer khususnya mahasiswa mendapatkan berbagai kemudahan dan kecepatan dalam pemenuhan kebutuhan yang mendukung untuk perkuliahan mereka.


F.    SEGMENTASI PASAR
Target pasar
Unit pelatihan, pengembangan mahasiswa atau remaja yang membutuhkan teknologi komputerisasi dan internet yang membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan dan kreatifitas dalam dunia computer dan internetan.
Peralatan computer seperti:
1.    Computer Pentium IV intel 2,46 GHz processor
2.    Computer AMD/ALTON 2,4 GHz processor
Peralatan printer seperti:
1.    Printer canon iP 1200 (pixma)
2.    Epson stylus C 45 SX
Sedangkan peralatan scanner:
1.    Canon scanner
Keunggulan kami dibandingkan dengan yang lain adalah penguasaan dalam seni desain karya ilmiah (surat, makalah, proposal, skripsi, internetan dan yang lain) dengan pengetahuan dasar yang cukup terhadap internet.

G.    LINGKUP KEGIATAN
Dalam era globalisasi seperti sekarang ini sangat dibutuhkan sekali ketrampilan dalam ruang lingkup dunia computer dikarenakan sekarang ini banyak sekali perusahaaan yang menggunakan teknologi seperti ini, karena disamping perawatanya mudah, hasil yang dicapainya juga sangat bagus dalam membuat suatu pekerjaan.

H.    TIM PELAKSANA
Dalam melaksanakan usaha ini terdiria atas 5 orang, dengan bagian yang berbeda:  1 orang sebagai mekanik/programmer computer, 1 orang sebagai pengatur manejemen usaha ini dan, 3 orang sebagai yang melayani jasa seperti pengetikan, terjemahan dan scanner.

I.    PERALATAN USAHA
1.    Computer 8 unit
A.    4 unit intel Pentium IV 2,46 GHz processor
    VGA 64 MHz
    256 MHz DDR-Ram Visipro
    HDD 40 GB Seagite
    CD-Rom 52 X Samsung
    15” Digital Monitor Samsung Synmantec 551 V
    Floppy Disk 3 ½ “
    Keyboard merk Hp
    Mouse Genius
B.    4 unit computer AMD/ATLON  2,4 GHz
    VGA 64 MHz
    265 MHz DDR-Ram Visipro
    HDD 40GB Seagate
    CD-Rom 52 X  ASUS
    15” Digital Monitor Samsung Synmantec 551 V
    Floppy Disk 3 ½ “
    Keyboard merk Hp
    Mouse Genius
2.    Printer 2 unit
1.    1 Unit Printer canon iP1200 (pixma)
    USB Socket
    Speed 26 PPM
    Hasil Cetak 2880 DPI
2.    1 Unit Printer Epson Stylus C 45 SX
    USB Socket
    Speed 12 PPM
    Hasil Cetak 2880 DPI
3.    Scanner 1 unit
    Canon Scan 8400F 3200x6400 DPI Resolusion
4.    Etalase 1 unit
J.    ANGGARAN BIAYA
KETERANGAN     Jumlah     Biaya
Personal computer     8 Set @ Rp 2.500.000    Rp . 20.000.000
Printer     2 Set @ Rp. 560.000    Rp     1.120.000
Scanner     1 Set @ Rp. 1.100.000    Rp     1.100.000
Etalase     1 Unit @ Rp 1.000.000    Rp     1.000.000
Kertas print    5 Trim @ Rp 23.000    Rp        115.000
Tinta printer    2 Dos @ Rp 21.000    Rp          42.000
Plakat/Papan Nama    1 Buah @ Rp 350.000    Rp        350.000
Sewa gedung    3 tahun @ rp 2.500.000    Rp     7.500.000
Total cost     Rp   31.227.000




K.    PENUTUP
Demikianlah adanya proposal bisnis usaha warnet ini disusun  dengan pertimbangan yang sebenar-benarnya serta dengan dasar harapan bahwa untuk ke depan dapat meraih kesuksesan yang pasti bersama Rahmad Allah SWT, atas segenap perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar